Cara Buat Danbo, Boneka Kertas )^^)/
Bahtiar Bondan Setyanugraha8:06 AM 0 comments

Ya, Danbo..
Danbo adalah mainan boneka kerta yang bisa ditekuk tekuk, bisa diputar-putar dengan expresi yang bisa dibilang mengikuti apa mau kita..

Ini beberapa danbo gue yang proses pembuatannya memakan waktu sekitar 22 jam T.T #lama banget..


 
 
Sebenernya nggak cuman itu doang yang aku buat, masih ada 3 lagi yang ada.. tp nggak sempet ngambil fotonya.. #kalian tau sendiri Hpku kayak apa T.T #beliin dong..
Nama dari danbo aku yang putih itu namanya "Sumiyati" dan yang biru (kayak ninja #emeng ninja --") namanya rohman.. 

Pertama kali aku buat si danbo ini awalnya cuman pake kertas A4 biasa, (tp sebaiknya jangan), pas udah aku prin sketsanya, trus udah tak lem, tinggal masang-masangin #emang kawein masal XD.. ehh.. malah ditindih sama temen +_+..

Yah.. kalo kalian pengen yang namanya pengen buat danbo kayak si sumi danbo aku punya.. aku punya rangkanya kalo kalian pengen buat.. 
Tapi!!!! ada syaratnya :

- sediakan kertas (jangan HVS biasa) usahakan karton, manila, kertas kebo #alias bufalo malah bagus. jadi nggak usah ngukur kertas ke ukuran A4 lagi..
- sediain lem ketas (jangan yang udah mau kering lemnya baru dipake --" (tak jamin bakal emosi!).
- Gunting sama cutternya sekalian.. #jangan pake golok :takuts
- yang terakhir sediain "sabar" yang cukup buat bikin nih dano..

OK! let's go...
ini sketsa si SUMI.. (langsung print di kertas #inget! jangan HVS biasa --")

SUMI : 
 
(kepala, engsel, dan kaki)

(badan,engsel, dan tangan)

Kalo buat sketsa yang seperti diatas, kalian butus 2 blembar kertas untuk membuatnya..
caranya kayak gini :


Pertama, gunting bagian sketsa Danbo yang telah di print satu persatu dengan rapi.

Tips 2: Gunakan pisau cutter untuk melubangi kertas

Kedua, setelah semua sketsa tergunting, kemudian lem sisi kertas yang telah ditentukan(pinggiran warna putih). Lalu kelompokkan bagian kepala, badan, kaki, dan tangan.

Tips 3: Gunakan tusuk gigi untuk mengolesi lem pada kertas. Tusuk gigi juga berfungsi untuk melengkungkan bagian yang harus dibulatkan.
Tips 3
Tips 4: Iris halus dengan cutter pada bagian patahan untuk memudahkan menekuk kertas.
Tips 4
Ketiga, satukan bagian-bagian yang telah dikelompokkan. Dan inilah hasilnya...

Ini gabungan engsel danbonya :

 
Keempat, Semoga nggak bingung..
Sedangkan untuk si Rohman (yang kayak ninja #emang ninja!! --") hanya membutuhkan 1 kertas saja. Seketsa ini bukan asli design si rohman, tp gambar ini saya ambil dari google #nemu (^^)v..

 Kalo yang satu ini gambang banget cara buatnya, tinggal potong sesuai garis.. udah deh tinggal masangin.. #cool B)

Kalo masih bingung cara bikinnya, di google masih banyak yang membahas hal kayak ginian.. moga lancar Jaya #cemungut kakaak !! *\(^.^)/*






In Category :
About The Author Ali Bajwa Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore. Magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Facebook and Twitter

0 comments

Post a Comment