IBM Ciptakan Chip Meniru Otak Manusia
Web Space4:50 PM 0 comments

Komputer yang dikendalikan oleh otak manusia telah lama menjadi kiasan menjijikan dalam film fiksi ilmiah, namun pemikiran ini bisa satu langkah mendekati kenyataan berkat proyek SyNAPSE milik IBM.


Proyek ini bertujuan untuk membuat chip yang mampu melakukan “komputasi kognitif”, yang berarti chip ini akan secara langsung bereaksi dan memecahkan masalah berdasarkan pada rangsangan eksternal dan kejadian di sekitar.

Dua chip prototipe telah dibuat, menggunakan algoritma canggih dan sirkuit silikon untuk menciptakan fenomena spiking neuron dan sinapsis dalam sistem biologi.

Hal ini memungkinkan prosesor untuk "belajar" dari pengalaman, menemukan korelasi, membuat hipotesis dan meniru struktural dan plastisitas sinaptik otak.

Dharmendra Modha, pemimpin proyek ini, menyatakan bahwa IBM bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya menganalisis informasi kompleks dari beberapa modalitas sensor sekaligus, tetapi juga dapat secara dinamis dapat berinteraksi dengan lingkungannya. Semua sementara untuk menyaingi ukuran otak dan penggunaan rendah daya.

Modha mengilustrasikan ide dibalik pembuatan chip ini dengan konsep lampu lalu lintas yang mampu mengintegrasikan pemandangan, suara dan bau, serta tanda persimpangan aman sebelum terjadi kecelakaan. Terdengar sedikit seperti film Minority Report, film fiksi ilmiah canggih tentang orang berkemampuan melihat masa depan.

Sumber : Kaksus.us
In Category :
About The Author Ali Bajwa Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore. Magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Facebook and Twitter

0 comments

Post a Comment